Foto model Alis Rontok produk brow lift kit

Alis Rontok: Mitos, Penyebab, dan Cara Ampuh Mengatasinya

Sama seperti rambut di kepala, alis rontok juga bisa terjadi dengan sendirinya. Rambut maupun alis yang sedikit rontok sebenarnya wajar dan tidak perlu dipersoalkan. Tetapi, kalau kamu menyadari ada banyak helai alis yang berguguran, bisa jadi ada sejumlah isu mendasar yang perlu kamu waspadai.

Dalam artikel ini, kamu bisa mencari tahu hal-hal yang memicu kerontokan alis dan cara mengatasinya.

Mitos Alis Rontok

Banyak orang terlalu percaya pada mitos palsu perihal rambut alis. Misalnya, kebanyakan orang pikir, terlalu sering mencabut alis bakal berujung pada penipisan atau kebotakan. Tentu saja, kalau kamu kebablasan mencabut alis, folikel rambut pun akan rusak. Akibatnya, alis menjadi tipis atau bahkan rontok.

Tapi ada satu hal yang perlu kamu ingat. Kalau kamu merapikan alis dengan benar, pasti alis akan tumbuh kembali sebagaimana mestinya. Jadi, tak usah panik seandainya kamu tanpa sengaja sedikit berlebihan saat mengutak-atik alis.

Penyebab Alis Rontok

Apabila mencabut alis bukan penyebab kerontokan, lantas apa lagi? Nah, ada banyak alasan lain yang mungkin mendorong penipisan alis. Lebih baik kamu memeriksa faktor-faktor lain untuk menentukan penyebabnya.

1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, rambut di kepala, alis, bulu mata, dan area tubuh lainnya akan semakin berkurang. Hal ini terjadi karena folikel rambut tidak lagi memproduksi rambut baru, sementara yang masih tersisa hanyalah folikel rambut yang menipis.

Jadi, bukan tak mungkin alis rontok pertanda penuaan. Kamu pun tak perlu cemas, ya.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Ketika hormon tiroid tidak stabil, hal tersebut dapat memperparah kerontokan pada alis. Hal ini muncul pada kondisi bernama hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Untungnya, tipe kerontokan ini biasanya tidak berlangsung lama.

3. Kekurangan Gizi

Apa yang kamu makan sangat memengaruhi kondisi kulit dan rambut. Jika tubuh kekurangan asam lemak, biotin, atau seng, alis gampang rontok.[1][2][3]

4. Faktor Genetik

Meski jarang terjadi, namun ada beberapa persoalan genetik yang memang bisa memicu penipisan rambut alis. Penyakit seperti displasia ektodermal dan sindrom Netherton adalah contohnya.

5. Gangguan Autoimun

Apabila kamu mengidap gangguan autoimun seperti psoriasis atau alopesia, sistem kekebalan tubuh bakal terganggu dan mulai menyerang badan sendiri.

Cara Mengatasi Alis Rontok

Apakah alis rontok bisa tumbuh lagi? Pasti, dong! Berikut adalah sedikit solusi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan kondisi alis seperti semula.

1. Minoksidil

Minoksidil adalah salah satu obat terlaris di dunia medis guna mengurangi tingkat kerontokan rambut. Obat ini benar-benar manjur, khususnya bagi pasien yang berusia di bawah 40 tahun. Jika alismu rontok gara-gara perubahan hormon, konsumsi minoksidil untuk mengatasinya.

2. Anthralin

Anthralin adalah sejenis krim yang terbukti ampuh untuk mengobati psoriasis. Tetapi obat ini juga cocok untuk menangani masalah kerontokan alis akibat penyakit seperti alopesia areata dan peradangan kulit lainnya.

3. Suntikan Steroid

Jenis suntikan steroid yang paling lazim diberikan untuk menyuburkan rambut yaitu suntik kortikosteroid intralesi. Kortikosteroid sendiri ialah obat golongan antiradang yang bermanfaat dalam meredakan gejala penyakit autoimun dan rambut rontok akibat peradangan di kulit kepala.

4. Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut alis akan menghasilkan efek alis yang lebih tebal dan terlihat alami dengan hasil akhir yang permanen. Namun, dampaknya bisa berbeda-beda, dan selalu ada risiko efek samping dari setiap prosedur bedah kosmetik semacam ini.

5. Brow Lift

Kalau kamu mau alis lebat dan cantik alami tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, Brow Lift Kit keluaran Ruhee Diary adalah jawabannya.

Dalam waktu kurang dari 10 menit, produk ini akan membentuk dan mempertegas alis serta menghadirkan kesan alis yang lebih berisi dengan praktis. Terlebih lagi, hasil yang alami menjamin rasa percaya diri maksimal.

Jadi, buat apa menguras dompet kalau kamu bisa mendapatkan hasil memukau dengan harga terjangkau? Yuk, coba Ruhee Diary Brow Lift Kit sekarang juga dan say goodbye deh, sama alis rontok!

Back to blog