Journaling self development by ruhee diary

Self Love Through Journaling: Cara Menemukan Diri Sendiri Lewat Tulisan

Di setiap perjalanan hidup, pasti ada cerita yang unik. Ada saat sedih, bahagia, cemas, dan banyak ekspresi yang muncul di momen-momen hidup kita. Tapi sayangnya, dalam dinamika kehidupan sehari-hari tersebut, sering kali kita lupa untuk berhenti sejenak dan merenung, untuk mengenal diri sendiri. Salah satu cara yang ampuh untuk self love adalah Journaling. Ini cerita Ruhee menemukan diri sendiri lewat tulisan.

ā€

Sebelumnya, Ruhee mau mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh tentang Journaling atau Jurnal, dan bagaimana kegiatan ini dapat membantu Ruhee untuk lebih mengenal dan eksplorasi diri sendiri.

Journaling Itu Apa, Sih?

Journaling cara menemukan diri sendiri lewat tulisan by ruhee diary

Ā 

Inget nggak, sewaktu kecil, kita pernah dikasih tugas di sekolah untuk menulis. Misalnya, tentang bagaimana kita menghabiskan waktu liburan kita. Tahu nggak, Teman Ruhee, sebenarnya tugas tersebut juga merupakan journaling.

ā€

Atau, mungkin kamu pernah menulis diary? Dikenal juga dengan buku harian, biasanya kita mencatat apa saja yang kita rasakan pada hari tersebut dan menulisnya di diary. Sadar nggak sadar, kebiasaan menulis ini juga membantu kita menata perasaan serta pikiran kita. Setelah nulis, rasanya jadi lebih lega dan tenang, gitu.

ā€

Jadi bisa disimpulkan, Jurnal ini adalah catatan tertulis yang mencakup pemikiran, perasaan, pengalaman, dan refleksi pribadi seseorang. Ini bisa berbentuk harian, buku catatan, atau bahkan blog pribadi. Aktivitas ini ternyata telah ada selama bertahun-tahun dan jadi sarana yang ampuh untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik.

ā€

Terus, Apa Hubungan Journaling dan Self Love?

ā€

Ini manfaat dari Journaling yang Ruhee secara pribadi rasakan ketika menulis dan mengungkapkan perasaan serta pikiran diri sendiri.

ā€

Ekspresi Diri

Journaling menjadi wadah atau tempat untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan emosi tanpa takut di-judge orang lain. Ketika melakukannya, Ruhee merasa jadi lebih menghargai dan mengakui setiap aspek dalam diri, termasuk kelemahan dan ketidaksempurnaan. Ā 

ā€

Lebih Sadar Diri

Kalau Ruhee menulis secara konsisten, somehow jadi lebih sadar tentang pikiran dan tindakan diri sendiri. Menulis jadi ajang refleksi, jadi kenal bagaimana pola-pola perilaku yang merugikan dan mencari cara lain untuk tumbuh serta berkembang lebih baik lagi.

ā€

Mengatasi Emosi

Menulis dalam jurnal dapat membantu untuk mengatasi emosi yang mungkin sulit diungkapkan secara lisan. Proses ini membantu mengurangi pressure dan memberi ruang supaya bisa menerima diri sendiri.

ā€

Mencatat Kemajuan

Jurnal juga memungkinkan Ruhee untuk mencatat pencapaian, pertumbuhan, dan momen-momen berharga dalam hidup. Ini menjadi pengingat yang berharga tentang kemajuan yang telah dibuat. Rasanya jadi lebih happy!

ā€

Gimana Cara Mulai Journaling untuk Self Love?

Ā 

Journaling self development by ruhee diary

Ā 

Ada 5 cara sederhana untuk mulai journaling atau jurnal ala Ruhee:

1. Pilih Alat Tulis

Pilih buku catatan atau media lain yang cocok buat kamu. Kalau suka tulis tangan bisa pakai notebook, kalau lebih suka mengetik bisa pakai aplikasi di gadget.

ā€

2. Konsisten

Di jadwal sehari-hari, sisihkan waktu khusus untuk menulis di jurnal. Konsistensi adalah kunci supaya manfaat dari kegiatan ini bisa kamu rasakan.

ā€

3. Jujur dan Apa Adanya

Saat menulis, jangan takut untuk jadi jujur dan apa adanya. Curahkan semua perasaan dan pikiran kamu, baik yang mengganggu ataupun yang bikin happy.

ā€

4. Tenangkan Pikiran

Kalau bingung mau tulis apa, biasanya karena pikiran kamu sedang rumit. Nah, sebelum menulis jurnal, ada baiknya kamu tenangkan dulu pikiran kamu, dan rasakan. Kira-kira apa sih yang ingin kamu sampaikan? Tulis perlahan, tidak perlu takut tidak jelas, this is a safe space.

ā€

5. Menerima Diri Sendiri

Cobalah mempraktikkan penerimaan diri ketika menulis. Alihkan diri dari kritik negatif, dan fokuslah pada penghargaan terhadap diri sendiri.

Ā 

Journaling itu nggak cuma soal tentang mengatasi rintangan dan masalah, tetapi juga merayakan kebahagiaan dan prestasi. Saat mencatat momen-momen bahagia dalam hidup, kita menciptakan langkah positif untuk meningkatkan rasa sayang pada diri kita sendiri.

ā€

Inilah yang mendorong Ruhee untuk nggak hanya sekadar jadi beauty brand, tapi juga ingin jadi sahabatmu yang mendukungmu di setiap langkah kehidupanmu. Seperti diary, Ruhee wants to be your safe space for you to express yourself. Ruhee harap kita bisa sama-sama terus ya, untuk bertumbuh dan berkembang jadi lebih baik. Semangat! ā¤ļø

Back to blog